Advertisement
Syarat, Jadwal, Cara Pendaftaran CPNS Perawat & Dokter Di Kemenkumham 2017 - Lowongan pekerjaan di pemerintahan yang berminat untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil untuk perawat dan dokter telah dibuka oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi melalui duan instansi didalamnya yaitu Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) dan Mahkamah Agung (MA). Untuk Kemenkumham ada 21 jabatan dengan pendidikan mulai dari SLTA, DIII dan Sarjana atau S1


Pembagian Jumlah Tenaga CPNS
Dari judul artikel ini tidak hanya perawat dan dokter yang dibutuhkan oleh Kemenkumham, karena susai SEK.KP.02.01-490 tentang Pelaksanaan seleksi CPNS Kemenkumham tahun 2017, terdapat Formasi dengan jumlah 17.526 untuk 21 jabatan yang akan diterima dan ditempatkan disetiap unit kerja kementrian tersebut.

Dari total jumlah tersebut, 14.000 akan disebar untuk Penjaga Tahanan dengan persyaratan yang lebih mudah yaitu SLTA Sederajat dan menguasai komputer. Untuk formasi penjaga tahanan ini, 280 akan dialokasikan untuk Putra/Putri Papua dan Papua Barat, dan sisanya yaitu 13.720 kursi akan digunakan untuk jalur umum. Pada formasi ini, sebagian besar yang akan diterima adalah pelamar laki-laki, yakni 11.423 orang dan hanya 2.297 orang untuk perempuan. Selain penjaga tahanan, Ditjen Lapas juga akan mendapat alokasi 714 kursi untuk ditempatkan pada jabatan pembimbing kemasyarakatan pertama. Dan jabatan ini akan dibagi menjadi 2 yaitu 497 pria dan 155 perempuan. Persyaratan yang dibutuhkan adalah S-1 Psikologi, Sosiologi dan Hukum.

Untuk Analis Kemigrasian dibutuhkan 2.278 kursi dengan syarat ijazah sarjana/S-1 dari beberapa jurusan dan dibagi dala beberapa fomrasi. Untuk 19 jabatan teknis yang lainnya akan dialokasikan 1.248 kursi dengan syarat kualifikasi Sarjana/S-1 dan D-III dari beberapa jurusan. Total Kemenkumham akan mengalokasikan 346 sarjana cumlaude yang terdiri dari 280 putra-putri Papua dan Papua Barat dan 1 orang untuk penyandang disabilitas, yang akan ditempatkan pada jabatan analis perlindnungan hak-hak sipil dan HAM.

Jadi untuk sudara kita yang ada di Papua, semoga kabar pendaftaran CPNS oleh Kemenkumham ini digunakan sebaik-baiknya dan semoga informasi ini sudah sampai disana.

Pada jabatan Analis Keimigrasian Pertama, akan diterima sebanyak 2.278 orang dari berbagai jurusan, seperti akuntansi, sistem informasi, teknik komputer, teknik informatika, hukum, Sospol, ekonomi, ilmu komputer, dan sastra bahasa asing. Dan pada posisi ini dibutuhkan 229 kursi yang diantaranya untuk lulusan cumlaude. Untuk posisi lain yaitu jabatan Pemeriksa Keimigrasian Terampil dibutuhkan 30 orang dengan kualifikasi D-III akuntansi, manajemen, teknik informatika, keuangan, ilmu komputer, sistem informasi, manajemen informatika dan sastra dan bahasa asing.

Tenaga Kesehatan
Kemenkumham juga membutuhkan teaga kesehatan. Prawat pertama sebanyak 100 formasi, dan dokter umum 33 orang. Dibutuhkan juga dokter spesialis kulit dan kelamin, dokter spesialis ginekologi pertama, dokter spesialis penyakit dalam pertama, dokter spesialis anak pertama dan dokter spesialis anastesi pertama masing-masing satu orang. Selain itu juga dibutuhkan 15 Psikolog Klinis Pertama, dengan kualifikasi S-1 Psikologi.

Untuk teman-teman perawat yang sampai saat ini belum mendapatkan pekerjaan, silahkan manfaatkan peluang besar ini. Jangan khawatir, buat teman-teman yang ada diluar Jawa atau dimanapu berada, pendaftaran CPNS Kemenkumham 2017 ini tidak serta merta ditemaptkan di Pusat tapi juga didaerah yang saat ini banyak kekurangan tenaga CPNS dikarenakan banyaknya PNS yang sudah pensiun. Kalaupun nantinya ditempatkan diluar daerah, jalani saja dulu, suatu saat pasti bisa ditempatkan didaerah masing-masing sesuai perkembangan

Formasi Penempatan
Jadi tidak hanya dari kesehatan yang dibutuhkan oleh Kemenkumham untuk menjadi CPNS, berikut beberapa formasi yang dibutuhkan oleh Kemenkumham:
  1. Sekretariat Jenderal.
  2. Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan.
  3. Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum.
  4. Direktorat Jenderal Pemasyarakalan.
  5. Direktorat Jenderal Imigrasi.
  6. Direktorat Jenderal Kekayaan lntelektual.
  7. Direktorat Jenderal Hak Asasi Manusia.
  8. Inspeklorat Jenderal.
  9. Badan Pembinaan Hukum Nasional.
  10. Badan Penelitian dan Pengembangan Hukum dan Hak Asasi Manusia.
  11. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hukum dan Hak Asasi Manusia.
  12. Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia : Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Bengkulu, Lampung, Kepulauan Riau, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Bali, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Gorontalo, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat ( Kantor Wilayah, Kantor Imigrasi, Rumah Detensi Imigrasi, Lembaga Pemasyarakatan, Rumah Tahanan Negara, Balai Pemasyarakatan, Balai Harta Peninggalan, dan Rumah Sakit Pengayoman ).

Syarat, Jadwal, Cara Pendaftaran CPNS Perawat & Dokter Di Kemenkumham 2017
Untuk syarat, jadwal, dan tata cara pendaftaran CPNS di Kemenkumhan ini banyak beberapa kriteria dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh para pelamar pekerjaan. Sebelum melamar menjadi CPNS di Kemenkumham, silahkan cek info lengkapnya Disini

Related Posts