Mengapa Anak-Anak Sebaiknya Tidak Mengunjungi Rumah Sakit? Terlintas pertanyaan ini adalah pertanyaan sederhana dan mungkin tidak begitu berarti dan tidak perlu dijawab jika mereka yang membawa anak-anak ke rumah sakit tidak mengetahui dampak yang ditimbulkan. Kita sering melihat banyak sekali keluarga pasien, baik itu yang menunggui pasien ataupun pengunjung pasien membawa anak-anak mereka ke rumah sakit, bahkan ada yang membiarkan anak-anak mereka bermain dengan bebas kesana-kemari, berlarian, bermain dilantai, tidur dilantai dan sebagainya. Padahal semua itu sungguh tidak baik untuk anak-anak. Kenapa? Karena banyak kuman, bakteri atau virus yang ada didalam rumah sakit yang bisa menyerang anak-anak. Jika imun anak tidak baik, maka anak-anak akan mudah terserang penyakit. Namun tidak menutup kemungkinan juga bagi anak dengan imun yang kuat sekalipun juga bisa mudah terserang penyakit yang disebabkan oleh kuman, bakteri atau virus yang ada di rumah sakit.


Apakah Rumah Sakit Tidak Aman Untuk Anak-Anak?
Dalam memberikan pelayanan kesehatan untuk pasien baik itu rawat inap atau atau rawat jalan, setiap rumah sakit tetap mengedepankan pelayanan yang berorientasi pada pasien, keluarga dan lingkungan sesuai dengan prosedur dan standar yang berlaku. Misalkan pelayanan untuk pasien, setiap rumah sakit menginginkan pasien sembuh dan mendapatkan kepuasan dalam pelayanan kesehatan yang mereka terima. Begitu juga untuk keluarga pasien, rumah sakit memberikan rasa aman, nyaman dan tenang selama mereka berada didalam rumah sakit guna menemani pasien berobat rawat jalan atau rawat inap. Selain memperhatikan pasien dan keluarga, pihak rumah sakit juga memperhatikan lingkungan di rumah sakit, baik itu diluar ataupun didalam. Hal ini untuk tetap menjaga kenyamanan rumah sakit, tetap sehat dan tidak mengganggu pasien atau keluarga pasien.

Dari ketiga faktor tersebut, 2 diantaranya tidak baik untuk anak-anak sekalipun pihak rumah sakit memberikan pelayanan dan kondisi yang baik untuk keluarga pasien:
1. Pasien
Pasien yang ada dirumah sakit tentunya memiliki berbagai macam jenis sakit dan keluhan. Ada penyakit menular dan tidak menular. Dari masing-masing penyakit, terdapat berbagai faktor penyebabnya diantaranya kuman, bakteri atau virus. Bagaimana jika anak-anak yang dibawa ke rumah sakit berada didalam satu ruangan dengan pasien yang sakitnya menular? Bagaimana jika dalam satu ruangan tersebut terdapat 3 - 4 pasien dengan kondisi yang sama?

Perlu diketahui juga, penularan penyakit tidak hanya melalui sentuhan, akan tetapi melalui batuk, makanan dan lingkungan sekitar pasien adalah salah faktor yang bisa menularkan penyakit pasien ke orang disekitarnya, termasuk anak-anak.

2. Lingkungan
Pernahkan anda berpikir kalau lantai di rumah sakit sudah bersih dan sudah di pel dengan baik? Tentu saja bersih, bahkan selalu bersih karena setiap waktu selalu dibersihkan oleh bagian cleaning service atau outsoursing. Mereka bekerja dengan sangat baik. Namun pernah kah anda berpikir jika lantai tersebut selalu dilewati oleh orang yang berbeda dengan alas kaki yang berbeda dan dari mana-mana? Bahkan dari kamar mandi? Tentu saja itu semua membawa kuman, bakteri atau virus yang menempel di lantai. Banyak hal-hal yang perlu diperhatikan ketika anda datang ke rumah sakit bersama anak-anak anda, bahkan dari petugas kesehatan sendiri dari rumah sakit tersebut juga bisa membawa kuman yang tidak pernah kita ketahui sebelumnya.

Untuk itu, sebaiknya tidak membawa anak-anak ke rumah sakit. Apapun alasannya, lindungi anak-anak anda dari kuman agar selalu sehat dan ceria.

Usia Berapa Anak-Anak Tidak Mengunjungi Rumah Sakit?
Rumah sakit adalah tempat untuk merawat orang sakit, yang dapat disebabkan oleh bakteri maupun virus. Para ahli menganjurkan bahwa anak-anak dibawah usia 12 tahun memiliki sistem imun yang masih belum berkembang sepenuhnya. Oleh karena itu, anak-anak lebih rentan terhadap infeksi bakteri maupun virus di rumah sakit. Jadi anak dibawah usia 12 tahun sebaiknya tidak mengunjungi rumah sakit, masih ada tempat lain yang lebih menyenangkan mereka...

Related Posts