Pelatihan Basic Trauma & Cardiovascular Life Support (BTCLS)

Pelatihan Basic Trauma & Cardiovascular Life Support (BTCLS)

Pelatihan Basic Trauma & Cardiovascular Life Support (BTCLS) - Salah satu penyebab terjadinya kematian di Indonesia yang terjadi adalah karena disebabkan oleh trauma atau kecelakaan dan beberapa penyakit, salah satunya adalah penyakit kardivaskuler atau jantung. Kematian yang terjadi bisa disebabkan karena keterbatasan atau ketidakmampuan petugas kesehatan atau orang penolong dalam melakukan tindakan pertama dalam menangani penderita selama fase gawat darurat. Fase gawat darurat ini sering disebut Golden Period, dimana dalam keadaan tertentu setiap orang yang mengalami kejadian trauma yang mengancam nyawa masih bisa diselamatkan. Namun keadaan ini juga tergantung dari tingkat keparahan pada penderita.

Ketidakmampuan yang dimiliki oleh petugas kesehatan atau penolong penderita karena disebabkan oleh keadaan tingkat keparahan penderita, kurang memadainya peralatan yang dibutuhkan, belum adanya sistem yang terpadu dan pengetahuan dalam penanggulangan keadaan darurat. Dari segi pengetahuan ini menjadi salah satu poin penting dalam menentukan keberhasilan dalam melakukan pertolongan pertama. Namun kembali pada keadaan pasien atau penderita yang sebenarnya. Jika keadaan pasien tidak bisa diselamatkan karena banyak faktor maka pengetahuan atau alat apapun tidak bisa berbuat banyak.

Untuk itu sebagai pedoman dasar atau basic dalam memberikan pertolongan pertama dalam menyelamatkan nyawa penderita atau pasien atau mengurangi keluhan yang dirasakan oleh penderita tetap dibutuhkan pengetahuan yang lebih dan salah satunya melalui pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan oleh berbagai instansi atau organisasi.

Salah satu pelatihan yang dibutuhkan dalam melakukan pertolongan pertama kepada pasien adalah Pelatihan Basic Trauma & Cardiovascular Life Support (BTCLS). Kenapa pelatihan BTCLS? Karena tujuan pelatihan ini adalah:
  1. Untuk memahami sistem penanggulangan pasien atau penderita gawat darurat terpadu.
  2. Untuk memahami konsep dasar penanggulangan pasien atau penderita gawat darurat kardiovaskuler dan trauma.
  3. Untuk mengenali keadaan yang mengancam nyawa pada pasien atau penderita gawat darurat kardiovaskuler dan trauma.
  4. Agar mampu melakukan penanggulangan atau penanganan pada pasien atau penderita gawat darurat kardiovaskuler dan trauma berdasarkan prioritas masalah.
  5. Agar mampu melakukan triage baik dilokasi bencana atau di Instalansi Gawat Darurat (IGD).
  6. Memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam penanggulangan pada pasien atau penderita gawat darurat kardiovaskuler dan trauma yang memadai untuk bekerja di IGD, ICU, Klinik, Puskesmas dan Ambulans Gawat Darurat.


Pada Pelatihan Basic Trauma & Cardiovascular Life Support (BTCLS) ini juga membahas beberapa materi yang mencakup dalam kegawatdaruratn yaitu: Emergency and Disaster Nursing, Trauma Abdomen, Trauma Muskuloskeletal, TraumaThermal, EKG & Aritmia yang Mengeancam Kehidupan, Pengelolaan Sindrom Koroner Akut, Management Terapi Listrik (Defibrilator), Initial Assesment, Pengelolaan Airway-Breathing, Pengelolaan Shock, Bantuan Hidup Dasar (BHD), Stabilisasi dan Transportasi, Trauma Kepala, Trauma Thorax, Pengelolaan Keracunan, dan Peran Perawat SPGDT.

Dengan mengkuti Pelatihan Basic Trauma & Cardiovascular Life Support (BTCLS) ini maka peserta pelatihan akan memiliki kemampuan dalam Resusitasi Jantung Paru (Dewasa, Anak dan Bayi), Pengelolaan Jalan Nafas dan Pernafasan, Management Terapi Listrik (Defibrilator) dan Stabilisasi dan Transport : Pembalutan, Pembidaian, Lifting & Moving, Transportasi.

Lantas siapa saja yang bisa mengikuti Pelatihan Basic Trauma & Cardiovascular Life Support (BTCLS) ini? Semua petugas kesehatan diharuskan untuk mengikuti pelatihan ini. Selain itu orang diluar kesehatan atau masyarakat luas juga bisa mengikuti pelatihan kegawatdaruratan ini sebagai bekal dalam membantu orang lain. Bahkan beberapa organisasi atau tim seperti pecinta alam, group motor, bahkan anak sekolah tingkat akhir atau SMA ada yang sudah memiliki kemampuan dasar dalam memberikan pertolongan pertama sesuai prosedur yang berlaku.

Dimana Pelatihan Basic Trauma & Cardiovascular Life Support (BTCLS) ini bisa ditemui? Jika secara online mungkin banyak ditemukan pelatihan BTCLS yang diselenggarakan oleh berbagai pihak. Sedangkan secara offline, informasi pelatihan BTCLS ini bisa didapatkan di beberapa instansi seperti rumah sakit, puskesmas, dan kampus.

Dan pada artikel ini kami memberikan informasi tentang Pelatihan Basic Trauma & Cardiovascular Life Support (BTCLS) yang diselenggarakan oleh Tim Pro Emergency dari Kota Semarang. Bagi teman perawat yang berasal dari Semarang bisa mengikuti pelatihan BTCLS ini. Pelatihan ini rencananya akan dilaksanakan di:
HOTEL IBIS BUDGET
Jl. Piere tendean no 21 Sekayu Semarang
Tanggal pelaksaan: 19-23 Maret 2018
Informasi Pendaftaran & Biayas:
Toto : 08151607192
Lina : 085877822425
Pin BBM - 7E13DDD3
Biaya Pelatihan BTCLS: Rp 2.750.000 - belum termasuk penginapan
Transfer Biaya: BNI 0198709688 a/n Erlinawati
Fasilitas: Modul, T-shirt, Training kit, 2x Coffe Break & 1x Lunch, Sertifikat BTCLS 4 SKP PPNI dan Sertifikat Legalitas dari KEMENKES, dan Id card.

Untuk informasi lebih lengkap Pelatihan Basic Trauma & Cardiovascular Life Support (BTCLS) ini bisa dilihat pada gambar diatas. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Buka Komentar
Blogger
Disqus

No comments

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel