Skip to main content

Cara Registrasi STR Online ver 2.0 - Update Terbaru

Cara Registrasi STR Online ver 2.0 - Update Terbaru
Cara Registrasi STR Online ver 2.0 - Update Terbaru - Update Terbaru - Untuk membuat permohonan atau registrasi STR secara online, caranya hampir sama dengan yang pendaftaran STR online sebelumnya, namun ada mekanisme baru atau tata cara baru yang lebih lengkap di STR Online ver 2.0 ini. Selain lebih lengkap, proses pendaftaran khususnya input data yang diperlukan juga lebih mudah, yang terpenting dalam pendaftaran STR online ver 2.0 ini adalah menyiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan.

Cara Registrasi STR Online ver 2.0 - Update Terbaru

Apa itu STR Online ver 2.0 ?

STR atau Surat Tanda Registrasi adalah salah satu syarat yang harus dimiliki oleh setiap perawat yang telah menyelesaikan pendidikan keperawatan baik program pendidikan diploma, strata atau yang telah bekerja di instansi kesehatan seperti klinik kesehatan, puskesmas, dan rumah sakit. STR merupakan Bukti Pengakuan Tenaga Kesehatan yang harus dimiliki oleh seorang perawat, tanpa STR perawat tidak bisa melakukan tindakan keperawatan atau tindakan pelimpahan medis dari tenaga kesehatan lainnya. Begitu juga untuk perawat yang membuka praktik mandiri, jika tidak memiliki STR maka akan ada isu malpraktik meskipun praktik yang dilakukan sudah sesuai dengan prosedur.

Menurut menurut Undang-Undang No.36 Tahun 2014 tentang Tenaga Kesehatan. STR adala bukti tertulis yang diberikan oleh konsil masing-masing tenaga kesehatan kepada tenaga kesehatan yang telah diregistrasi. Jadi tidak hanya ijazah yang telah didapatkan, bahkan banyak teman-teman perawat yang beranggapan seakan-akan ijazah perawat tidak berlaku jika tidak memiliki STR.

Dengan adanya STR Online ver 2.0 ini diharapkan semua pihak, baik itu dari perawat itu sendiri atau dari pihak-pihak terkait seperti PPNI dan organisasi keperawatan lainnya yang berada dibawah naungan PPNI sudah mengetahui update terbaru tentang STR Online Ver 2.0. Khususnya untuk PPNI, semoga tetap menjadi pendamping bagi teman-teman perawat yang ingin melakukan registrasi STR secara online melalui kantor-kantor komisariat PPNI dimasing-masing daerah.

Cara Registrasi STR Online ver 2.0 - Update Terbaru
  1. Klik link http://ktki.kemkes.go.id/registrasi
  2. Pada halaman registrasi, Anda tidak perlu mengisi kolom tapi langsung klik Belum Punya Pin
  3. Isi data seperti Email, No KTP dan Captcha kemudian pilih menu Daftar.
  4. Selanjutnya centang atau cek list Dengan ini saya menyatakan data tersebut benar data saya dan klik tombol Daftar.
  5. Anda sukses terdaftar namun belum daftar untuk registrasi secara lengkap. Proses awal ini hanya untuk mendapatkan kode PIN. Jika pendaftaran sukses dan kode PIN sudah diterima, untuk melanjutkan registrasi lengkapnya, klik tombol Mulai Registrasi
  6. Untuk masuk ke halaman registrasi, masukkan alamat Email yang telah didaftarkan untuk mendapatkan kode PIN sebelumnya, PIN dan kode Captcha. Klik tombol Masuk

    Sebelum Anda masuk untuk melanjutkan registrasi, akan ada pemberitahuan seperti berikut:
    1. Harap dipersiapkan file yang akan diupload sebagai berikut :
      • Foto : ukuran foto maksimal 200 Kb, latar belakang merah, posisi tegak dengan format png, jpg, atau jpeg.
      • KTP : ukuran file maksimal 1 Mb, dengan format png, jpg, atau jpeg.
      • Ijazah, sertifikat kompetensi, surat sehat, surat sumpah profesi (contoh), dan surat pernyataan patuh pada etika profesi (contoh) : ukuran file maksimal 1 Mb, dengan format pdf.
    2. Dinas Kesehatan Provinsi tetap berkewajiban melakukan pembinaan profesi dan registrasi tenaga kesehatan di provinsi masing-masing dan masih melakukan legalisir untuk keabsahan STR tenaga kesehatan yang telah terbit.
    3. Bagi Pemohon Registrasi Baru lulusan dan Naik Level wajib lulus Uji Kompetensi dan pastikan sudah memiliki Sertifikat Kompetensi :
      • Profesi D3 Perawat, Ners dan D3 Bidan terhitung tanggal 1 Agustus 2013, D4 Perawat mulai tanggal 1 Januari 2015, D4 Bidan mulai tanggal 1 Januari 2018.
      • Profesi Kesmas terhitung mulai tanggal 1 Januari 2017
      • Profesi Elektromedik, Terapi Wicara, Teknik Laboratorium Medik, Rekam Medik, Gizi, Radiografi, Terapis Gigi dan Mulut, Okupasi Terapis, Refraksi Optisi, Teknik Gigi, Kesehatan Lingkungan, dan Akupuntur terhitung mulai tanggal 24 November 2018.
    4. Bagi Pemohon Re-Registrasi / Registrasi Ulang STR pastikan sudah memiliki Surat Rekomendasi kecukupan SKP dari Organisasi Profesi masing-masing
    5. Pembayaran PNBP untuk Registrasi STR menggunakan sistem MPN G2 / Simponi melalui Kode Billing yang didapatkan pada saat proses Registrasi Online
    6. Untuk keamanan data anda, Registrasi STR Online WAJIB menggunakan EMAIL PRIBADI dan dilakukan secara MANDIRI.
    7. Kesalahan dalam pengisian data menjadi Tanggung Jawab Pemohon
    8. STR akan dikirimkan kepada pemohon melalui Kantor Pos Kecamatan yang telah dipilih oleh pengusul pada aplikasi STR Online versi 2.0
    9. Pemohon dapat mengambil STR di Kantor Pos Kecamatan terpilih dengan membawa bukti Kartu Identitas Pribadi berupa KTP/SIM. Jika pemohon berhalangan maka dapat memberikan kuasa kepada orang lain dengan membawa surat kuasa yang ditandatangani oleh pemohon di atas materai 6.000 rupiah dan fotokopi KTP/SIM pemohon.
  7. Lalu klik centang atau cek list Saya sudah membaca dan memahami ketentuan diatas dan klik Registrasi Baru
  8. Setelah mengklik tombol Registrasi Baru, Anda akan dihadapkan pada pilihan kelulusan yaitu Lulusan Dibawah Tahun 2013 dan Lulusan Diatas Tahun 2013.

    Jika Anda lulusan diatas tahun 2013, pilih Lulusan Diatas Tahun 2013, jika Anda lulusan dibawah 2013, pilih Lulusan Dibawah Tahun 2013. Sebagai contoh, kami memilih Lulusan Diatas Tahun 2013.
  9. Isi data kampus Anda seperti Perguruan Tinggi, Program Studi dan Nomor Induk Mahasiswa. Jika data tidak ditemukan atau error akan ada peringatan pada ujung kanan, maka anda diminta untuk menghubungi Institusi anda agar melengkapi data anda.
  10. Jika data sudah benar dan terisi, klik tombol Konfirmasi Data ke Kemenristekdikti.
    Jika data Anda benar, maka akan muncul Hasil Pencarian di PDDIKTI yang menampilkan Nama dan Tempat/Tanggal lahir Anda. Selanjut centang atau cek list Dengan ini saya menyatakan data saua sudah benar dan klik tombol Mulai.
  11. Pada halaman berikutnya, lengkapi data-data yang dibutuhkan yang terbagi dalam Step 1 yang berisi Info Pribadi, Step 2 berisi data Info Administrasi dan Step 3 berisi data Uji Kompetensi.
  12. Pada step 1 tentang Info Pribadi, anda diminta untuk mengupload dokumen-dokumen yang dibutuhkan seperti :
    • Pas Foto Resmi
    • KTP
    • Ijazah
    • No Sertifikat Kompetensi
    • Surat Sehat
    • Surat Pernyataan Patuh Pada Etika Profesi Dan mengisikan data-data yang diminta oleh sistem
  13. Pada step 2 tentang Info Administrasi, anda diminta untuk mengisikan data secara lengkap meliputi :
    • Jenis Tempat Kerja
    • Status Tempat Kerja
    • Nama Tempat Kerja
    • Alamat Tempat Kerja
    • Provinsi Tempat Kerja
    • Kabupaten Tempat Kerja
    • Telepon Kantor
  14. Pada step 3 tentang Uji Kompetensi, anda diminta untuk mengisikan data lengkap meliputi :
    • Nomor Sertifikat kompetensi
    • Tanggal Sertifikat Kompetensi
    • Tempat Uji Kompetensi
    • Tanggal Uji Kompetensi
  15. Jika sudah benar semua dalam pengisian, maka pilih menu Selesai.
  16. Sampai disini registrasi STR online sudah berhasil dilakukan, selanjutnya Anda tinggal melakukan pengecekan di halaman Pengecekan Permohonan STR dengan beberapa langkah yaitu:
    • Langkah 1: Pengajuan Anda sekarang ada disini
    • Langkah 2: Validasi Dokumen Pengajuan
    • Langkah 3: Pembayaran
    • Langkah 4: Validasi Cetak
    • Langkah 5: Telah Dicetak
    • Langkah 6: Telah Dikirim
  17. Selanjutnya akan tampil halaman registrasi yang telah disetujui dengan ditampilkan detail Nominal pembayaran, Kode Billing dan batas pembayaran.
  18. Setelah melakukan pembayaran, silahkan cek email Anda atau dibagian cek status di halaman ktki.kemkes.go.id untuk mendapatkan info terbaru.
Video Cara Registrasi STR Online ver 2.0 - Update Terbaru Jika langkah-langkah diatas dirasa kurang mengerti, silahkan ikuti panduannya melalui video dibawah ini:
Itulah langkah-langkah cara registrasi STR online ver 2.0 terbaru yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah atau bersama teman-teman atau bersama pengurus PPNI. Pastikan sebelum melakukan pendaftaran registrasiSTR online ver 2.0 ini untuk menyiapkan berkas-berkas yang telah di scan atau di foto agar proses registrasi berjalan dengan lancar. Selain itu, pastikan sinyal internet juga tidak ada kendala. Sangat tidak dianjurkan melakukan registrasi melalui ponsel untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.