STR Online ver 2.0

STR Online ver 2.0

STR Online ver 2.0 - Pada awal bulan tahun ini , 2 Januari 2019, MTKI secara resmi telah mengubah atau mengganti mekanisme permohonan pembuatan atau pengajuan STR (Surat Tanda Registrasi) perawat. Aturan ini pembuatan STR ini berlaku untuk semua tenaga kesehatan yang berasal dari program pendidikan Diploma sampai dengan Strata. Jadi untuk kedepannya semua tenaga kesehatan khususnya perawat dalam pengajuan atau membuat STR bisa dilakukan secara online.

Sebenarnya mekanisme pembuatan STR online ini sudah berjalan sejak tahun kemarin, namun karena masih adanya kendala serta beberapa perubahan yang dilakukan oleh MTKI, maka proses pembuatan STR masih mengalami kendala sehingga masih sering dilakukan secara offline atau melalui koordinasi PPNI di masing-masing komisariat setiap daerah. Kami juga pernah membuat tutorial atau panduan cara membuat atau registrasi STR online, namun untuk saat ini tutorial tersebut sudah tidak support dengan refistrasi STR online ver 2.0

STR Online ver 2.0
Untuk temaa-teman perawat yang ingin membuat atau melakukan registrasi STR online ver 2.0 bisa melakukan dengan mengiktui panduan yang telah kami buat. Silahkan baca artikelnya di Cara Registrasi STR Online ver 2.0 - Update Terbaru

Apa itu STR Online ver 2.0 ?

Seperti yang telah kami sebutkan diatas, STR atau Surat Tanda Registrasi adalah salah satu syarat yang harus dimiliki oleh setiap perawat yang telah menyelesaikan pendidikan keperawatannya, baik program pendidikan diploma atau strata atau yang telah bekerja. STR merupakan Bukti Pengakuan Tenaga Kesehatan yang harus bahkan wajib dimiliki oleh seorang perawat, tanpa STR perawat tidak bisa melakukan tindakan keperawatan atau tindakan pelimpahan medis dari tenaga kesehatan lainnya. Bahkan tanpa STR, perawat tidak bisa membuka praktik kesehatan dimanapun di seluruh Indonesia.

Menurut menurut Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2014 tentang Tenaga Kesehatan. STR merupakan bukti tertulis yang diberikan oleh konsil masing-masing tenaga kesehatan kepada tenaga kesehatan yang telah diregistrasi. Jadi tidak hanya ijazah yang telah didapatkan, bahkan banyak teman-teman perawat yang beranggapan seakan-akan ijazah perawat tidak berlaku jika tidak memiliki STR.

Dengan adanya STR Online ver 2.0 ini diharapkan semua pihak, baik itu dari perawat itu sendiri atau dari pihak-pihak terkait seperti PPNI dan organisasi keperawatan lainnya yang berada dibawah naungan PPNI sudah mengetahui update terbaru tentang STR Online Ver 2.0. Khususnya untuk PPNI, semoga tetap menjadi pendamping bagi teman-teman perawat yang ingin melakukan registrasi STR secara online melalui kantor-kantor komisariat PPNI dimasing-masing daerah.

Kami yakin, untuk kantor komisariat PPNI pasti sudah ada layanan Wi-fi gratis yang bisa digunakan untuk mengakses internet dan melakukan pendaftaran atau registrasi STR online secara terjadwal untuk setiap anggota PPNI. Dengan dilakukan pendampingan di masing-masing kantor komisariat, maka teman-teman yang masih belum mengerti bisa terbantu dalam pembuatan STR Online. Semoga dengan adanya STR Online ver 2.0 ini lebih memudahkan teman-teman dalam melakukan pendaftaran STR online.

Itulah sekilas tentang STR Online ver 2.0 yang bisa kami sampaikan, sekali lagi buat teman-teman yang saat ini belum mendapatkan STR, jangan pernah menyerah, semua ada jalan keluarnya dan tetap berdoa agar segera mendapatkan STR. Jangan sia-siakan kuliah selama 3 tahun karena STR, tetap semangat dan optimis.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Buka Komentar
Blogger
Disqus

No comments

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel