Skip to main content

Jam Kunjung Rumah Sakit Sangat Penting Untuk Kesembuhan Pasien

Jam Kunjung Rumah Sakit Sangat Penting Untuk Kesembuhan Pasien
Jam Kunjung Rumah Sakit Sangat Penting Untuk Kesembuhan Pasien - Kenapa rumah sakit di seluruh Indonesia bahkan di seluruh negara memberlakukan jam kunjung? Tujuan utamanya adalah agar keluarga pasien bisa menjenguk dan memberikan support untuk kesembuhan pasien. Namun meskipun ada jam kunjung yang diberlakukan oleh setiap rumah sakit, aturan jam kunjung tersebut juga fleksibel yang bisa disesuaikan dengan permintaan pasien dan keluarganya. Sedangkan secara umum, jam kunjung yang ditetapkan tetap berlaku untuk semua pengunjung rumah sakit atau keluarga pasien, tanpa terkecuali.

Setiap rumah sakit memiliki aturan tetap yang harus bahkan wajib dipatuhi oleh semua pengunjung dan atau keluarga pasien yang ada atau yang akan berkunjung ke rumah sakit untuk menjenguk dan atau menjaga pasien atau keluarganya yang rawat inap atau yang hanya melakukan rawat jalan. Banyak sekali aturan yang harus dipatuhi dan ditaati oleh semua keluarga pasien, salah satunya adalah jam kunjung pasien. Satu dari sekian aturan ini selalu dan sering diabaikan oleh pengunjung dan keluarga pasien padahal rumah sakit sudah menetapkan jam-jam tertentu agar keluarga pasien bisa berkunjung untuk menjenguk keluarga mereka yang sakit atau rawat inap.

Jam Kunjung Rumah Sakit Sangat Penting Untuk Kesembuhan Pasien
Biasanya jam kunjung di beberapa rumah sakit diberlakukan 2x yaitu pagi dan sore hari. Untuk jam kunjung yang diberlakukan adalah kalau pagi biasanya pukul 11:00 s/d 13:00 atau jam 10:00 s/d 12:00. Sedangkan jam kunjung sore hari adalah mulai dari pukul 15:00 s/d 20:00 atau pukul 16:00 s/d 21:00. Namun sayangnya jam kunjung tersebut masih sering diabaikan atau tidak dipedulikan oleh beberapa keluarga pasien. Padahal jam kunjung yang diberlakukan itu sebenarnya untuk membantu pasien bisa beristirahat dengan baik, jika pasien bisa beristirahat dengan tenang dan baik untuk kesembuhan mereka.

Perhatikan jam kunjung yang kami tulis diatas, jam kunjung di sore hari sudah lebih dari cukup untuk keluarga pasien menjenguk pasien. Sekitar ada waktu 5 jam untuk menjenguk pasien. Apakah itu tidak cukup?

Pasien yang rawat inap tidak hanya membutuhkan pengobatan yang sesuai dengan sakit mereka. Tapi lebih dari itu, pasien sangat membutuhkan istirahat. Jika setiap waktu pasien selalu dikunjungi oleh keluarganya maka itu akan sangat mengganggu si pasien. Mereka tidak akan bisa beristirahat dengan nyaman. Dan proses pengobatan atau pemulihan kesehatan mereka juga menjadi lebih lama. Memang sakit dan sembuh tidaknya pasien bukan hanya dari pengobatan yang dilakukan atau kebutuhan istirahat mereka, semua tergantung dari Tuhan. Namun jika manusianya tidak mau berupaya sebaik-baiknya dalam menjaga kesehatan dan melakukan terapi pengobatan maka hasilnya juga akan lebih lama.

Ingat, ketika Anda sakit maka yang Anda butuhkan adalah kebutuhan gizi, istirahat, pengobatan dan doa. Ketika Anda sakit maka yang pertama dilakukan adalah istirahat dan makan. Jika dengan istirahat belum juga sembuh maka lakukan pengobatan. Jika pengobatan masih belum membuahkan hasil maka berdoa.

Sama halnya ketika di rumah sakit. Pasien yang melakukan rawat inap hal utama yang dibutuhkan adalah pengobatan dan istirahat. Tidak mungkin pasien yang ada di rumah sakit malah jalan-jalan keliling rumah sakit, mereka butuh pengobatan dan waktu istirahat yang cukup. Untuk itulah kenapa jam kunjung sangat diberlakukan di semua rumah sakit agar pasien bisa beristirahat dengan baik dan untuk kesembuhan pasien.

Padahal perlu diketahui jika sebenarnya ada aturan yang bisa digunakan oleh pasien yang akan menjenguk mereka. Aturan yang menetapkan siapa saja yang boleh menjenguk atau mengunjungi dan siapa saja yang tidak boleh. Aturan yang satu ini biasanya ditetapkan saat pasien akan melakukan rawat yang biasanya ditetapkan sejak pertama kali mereka akan di rawat inap. Aturan ini biasanya diberitahukan atau disampaikan ke pasien atau keluarga pasien. Jika aturan ini ditetapkan sendiri oleh pasien dan keluarganya maka keluarga yang lain yang tidak diinginkan untuk mengunjungi mereka sudah tidak benar-benar bisa menjenguk.

Untuk itulah jam kunjung rumah sakit yang sudah diberlakukan harus benar-benar ditaati oleh semua keluarga dan pengunjung pasien. Selain untuk kesembuhan pasien juga agar bisa membuat suasana rumah sakit tetap tertib, teratur dan tidak menimbulkan kegaduhan yang berlebihan yang bisa mengganggu keadaan pasien. Apakah pasien merasa terganggu dengan pengunjung pasien? Baca ulasan kami berikutnya di Apakah Pasien Merasa Terganggu Dengan Pengunjung Pasien?
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.